.::AnDroid::.

Melegakan Internal Memori Android Tanpa Partisi

Posted on: 28 Maret 2013

image
Bagi anda pengguna android mungkin pernah atau sedang mengalami kendala memori internal yang penuh walaupun anda sudah menginstall aplikasi di sd card.
hal ini karena tidak semua data aplikasi disimpan di sd card, melainkan ada beberapa data yang tersimpan di internal memori seperti Dex, Data, dan Cache aplikasi.
Sehingga semakin banyak aplikasi yang di install ke smartphone anda, akan semakin berkurang free space internal memori nya.

Kali ini tidak seperti kebanyakan tutorial yang lain untuk menambah free space internal memori, pada tutorial ini anda tidak perlu mem-partisi sd card anda, sehingga sangat cocok bagi anda yang hanya memiliki sd card dengan ukuran dan class yang rendah.

Syarat:
1. Smartphone sudah di root
2. ROM sudah di odexed.
Tutorial Odex
ciri-ciri ROM yang sudah odexed, buka dir /system/app/ cek apakah ada file dengan ekstensi *.odex, contohnya phone.odex. Apabila ada berarti ROM sudah di odexed, apabila tidak ada, berarti ROM tidak di odexed.
untuk tutorial cara odex rom, silahkan googling sendiri, karena masing-masing rom punya cara sendiri untuk di odex.

setelah syarat sudah dipenuhi, tutorial melegakan internal memori:
1. Buka Root Explorer, atau file manager lain yang bisa Read and Write System.
2. Buka direktori /data/dalvik-cache/
3. remove semua file yang awalannya system@
4. done.

bisa dilihat pada screenshot, internal memori yang terpakai hanya 23 MB yang biasanya sebelum menggunakan tutorial ini bisa melebihi 100 MB.

13 Tanggapan to "Melegakan Internal Memori Android Tanpa Partisi"

remove nya di hapus apa dipindahin gan tanggung amat penjelasanya !!! karna remove mempunyai banyak arti ada yang dicabut/hapus ada yang dipindahkan yang bener yang mana?????

Saya memiliki Xperia x8 yg sudah di custom ROM dengan Ginger DX v031. Saya sebenarnya belum pernah ngoprek HP android. Kalau melihat kapasaitas memori internal xperia x8 saat masih Eclair kapasitasnya sebesar 128MB, namun saat menggunakan custom ROM memori internalnya naik menjadi 212 MB. Walaupun sudah naik, namun masih jauh dari cukup ๐Ÿ™‚ Yg ingin saya tanyakan, apakah kenaikan memori internal pd Xperia x8 saya disebabkan oleh Odex? Saya sulit melihatnya melalui Root Explorer, karena aplikasi tsb tidak muncul pd Ginger DX. Kalau saat masih Eclair (plus root dan install CWM recovery) mmg ada. Yang kedua, memori eksternal yg saya gunakan sebesar 2GB (Class2). Jika saya menggantinya ke kapasitas yg lebih besar apakah kapasitas memori internal nya pun ikut bertambah? Maaf kepanjangan comment nya ๐Ÿ™‚ sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

apa harus di root ya gan?

gan itu benneran gk gan ?

ngk yakin??????

Jadi intinya ini menghapus file system gitu ya? masih belum mengerti inih… takutnya malah crash

Tinggalkan komentar

B4MB3R



Selamat datang diblog saya, dan terimakasih sudah berkunjung. Apabila ada yang kurang dari blog saya ini atau ada sesuatu hal yang membuat anda merasa tidak nyaman silahkan berikan kritik dan sarannya. Berikan juga komentar anda pada tulisan-tulisan saya.
Lain kali berkunjung kembali, pintu blog saya selalu terbuka untuk anda.

Blog ini dapat juga diakses di BAMBER.TK
BAMBER.CO.NR

Free Domain Name Registration
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

TRANSLATE TO:

HUBUNGI PENULIS

ARSIP

RSS Lintas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

  • 1.181.402